Alexa.com tutup, so what?

Hari ini, 9 Desember 2021, saya mendapatkan email ini dari Alexa.com milik Amazon. Kira-kira begini terjemahan bebasnya..

Dua puluh lima tahun yang lalu kami mendirikan Alexa internet. Kayaknya udah capek nih. Jadi mau tutup aja. Terima kasih telah menggunakan layanan kami selama ini.

Di email tersebut ada link yang jika diklik akan masuk ke https://support.alexa.com/hc/en-us/articles/4410503838999 yang menjelaskan bahwa Alexa.com sudah tidak lagi menerima pendaftaran baru sejak 8 Desember 2021. Sedangkan user lama masih bisa terus membayar dan menggunakan layanan hingga 1 Mei 2022.

Pengumuman ini juga ditampilkan di web alexa.com

Tanya kenapa?

Kira-kira kenapa Amazon menutup Alexa? Saya sendiri kurang tahu. Jika dilihat dari data Semrush, pengguna Alexa memang terus menurun dalam beberapa tahun belakangan ini. Tapi untuk perusahaan sekelas Amazon, saya kira sebuah inovasi layanan akan bisa membangkitkan Alexa kembali.

Tanya Alexa?

Kalau menurut pendapat saya pribadi, kemungkinan Amazon ingin menggunakan domain Alexa.com ini sebagai rumah baru bagi Alexa device yang semakin banyak penggunanya. Saat ini penjelasan tentang Alexa device bisa dilihat di https://www.amazon.com/b?ie=UTF8&node=21576558011

Solusi Alternatif

Bagi pengguna gratis

Saat dunia per-website-an kehilangan alexa.com sebagai salah satu speedometer andalannya, hal ini akan membuka peluang bagi perusahaan pesaing untuk menggantikan posisi Alexa. Menurut saya pribadi yang memiliki potensi untuk menggantikan Alexa, terutama untuk Alexa Rank adalah Similar Web. Tersedia layanan yang gratis di https://www.similarweb.com/

Anda bisa lihat ranking yang dibuat oleh Similar Web di https://www.similarweb.com/top-websites/
Bisa juga lihat ranking per negara, misalnya Indonesia, klik https://www.similarweb.com/top-websites/indonesia/

Sayangnya Anda hanya bisa lihat ranking saja, dan tidak dapat melihat data, jika tidak menggunakan layanan berbayar.

Bagi pengguna berbayar

Sedangkan untuk pengguna Alexa berbayar, terutama yang menggunakan Alexa sebagai alat analisa kompetitor, dapat beralih ke Semrush ditambah addon Semrush .Trends yang dengan harga $200/bulan yang menyertakan akses ke Traffic Analytics dan Market Explorer untuk mendapatkan analisa data kompetitor yang lebih lengkap. Addon ini bisa dibeli dengan syarat Anda memiliki paket Semrush apa saja, mulai $119.95/bulan. Total dana yang perlu dikeluarkan adalah $319,95/bulan. Akan lebih murah jika dibayar per tahun. Harga bisa dilihat di https://www.semrush.com/prices/

Data Traffic Analytics diperoleh Semrush dari Clickstream. Bisa dibaca di https://www.semrush.com/kb/26-traffic-analytics dan https://www.semrush.com/blog/what-is-clickstream-data/
Clickstream memiliki data yang sangat besar, hingga petabytes (1 petabyte = 1 juta GB). Data tersebut diolah Semrush menggunakan AI, machine learning algorithms, dan Big Data tecnologies. Intinya Anda mendapatkan data kompetitor yang lebih baik.

Mengapa tidak menggunakan Similar Web berbayar saja? Menurut https://www.thesmbguide.com/similarweb-pro-reviews harga Similar Web bisa mahal dengan hasil yang tidak selalu akurat.

What’s Next?

Jika Anda pengguna setia Alexa berbayar selama ini. Ada baiknya Anda menghentikan langganan Alexa, karena sudah tidak ada masa depannya lagi. Sebelum menghentikan langganan, Anda bisa export data Alexa. Petunjuknya bisa dilihat di sini https://support.alexa.com/hc/en-us/articles/4411153702807

Untuk penggantinya, Anda bisa mencoba layanan Similar Web dan Semrush dengan mendaftar free trial. Jika cocok bisa diteruskan. Jika tidak cocok, bisa cari pengganti lainnya.

Jika Anda lihat di artikel lain, mungkin akan diberi 10 pilihan pengganti Alexa. Mengapa hanya ada 2 di sini?

Karena saya berusaha mencari pengganti Alexa.com. Saya carikan 1 alternatif untuk yang gratis, dan 1 alternatif berbayar. Begitu saja. Supaya singkat.

Tidak tertutup kemungkinan, artikel ini dapat diedit di masa depan jika muncul pengganti Alexa. Seperti waktu jaman mulai pandemi. Siapa yang mengira Zoom akan memenangkan persaingan online meeting, dan mengalahkan perusahaan-perusahaan yang lebih besar. Jadi, sambil menunggu, tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru.

Semoga bermanfaat

Daniel Agustianus
Web Analytics Consultant
1000dunia.com

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.