Cara Analisa Kecepatan Website

Cara Analisa Kecepatan Website
Di sini saya memberikan 3 cara melakukan analisa kecepatan website.

  1. Cara termudah, tercepat dan gratis
  2. Cara gratis yang lebih baik
  3. Cara terbaik (berbayar)

Di masing-masing cara, saya akan memberikan hanya 1 contoh saja, agar Anda bisa langsung praktek dan tidak perlu bingung memilih software yang harus digunakan. Jika tidak puas dengan cara ini, Anda bisa cari di Google untuk menemukan lebih banyak cara untuk melakukan analisa kecepatan website.

1. Cara termudah, tercepat dan gratis

Di sini saya pilih GTmetrix.
Bisa Anda klik di https://gtmetrix.com/

Anda tinggal ketik alamat web Anda dan klik tombol Test your site. Tanpa mendaftar, tanpa login.

Berikut contoh hasil tes 1000dunia.com. Tes dilakukan tanggal 16 November 2021. Hasil tes yang lebih lengkap (tidak perlu login) dapat diakses hingga 30 hari, dalam hal ini sampai 15 Desember 2021 di https://gtmetrix.com/reports/1000dunia.com/tBvP6IPr/

Karena di atas saya bilang cara termudah. Saya juga akan ajari cara termudah untuk membaca hasilnya.

  • Cara termudah 1: lihat GTmetrix Grade dan Web Vitals. Jika semua warnanya hijau, berarti sudah bagus. Begitu saja.
  • Cara termudah 2: lihat GTmetrix Grade. Jika mendapatkan A berarti sudah bagus.
  • Cara termudah 3: Lihat angka di Performance dan Structure. Jika menunjukkan lebih dari 90% berarti sudah bagus.
2. Cara gratis yang lebih baik

Di sini saya masih menggunakan GTmetrix.Cara gratis yang lebih baik adalah dengan mendaftar lebih dulu dan melakukan tes setelah login. Untuk daftar, klik di https://gtmetrix.com/ dan klik tombol Sign Up di kanan atas. 

Setelah mendaftar, Anda bisa login dan lakukan tes ulang kecepatan website Anda.Dan ini hasilnya untuk 1000dunia.comhttps://gtmetrix.com/reports/1000dunia.com/qkuFyrYW/

Karena sudah mendaftar dan login, maka hasil tes ini akan bisa diakses selama 3 bulan. Bukan 1 bulan seperti jika Anda tidak mendaftar dan login. Selain itu, dengan mendaftar, Anda juga bisa melakukan 1 monitoring untuk Anda. Untuk user gratis, Anda bisa monitor kecepatan (tes otomatis) setiap hari (daily), minggu (weekly), atau bulan (monthly). 

3. Cara terbaik (berbayar)

Cara terbaik analisa kecepatan website adalah dengan membayar. Untuk memudahkan dan berlanjut dari penjelasan sebelumnya, di sini saya tetap gunakan GTmetrix, walau ada layanan berbayar lainnya. Selain itu ada juga metode lain yang menurut saya lebih baik terutama untuk monitoring. Tapi untuk lain kali saja ya, di artikel yang berbeda. Hint: Real User Monitoring. Bisa Anda cari di Google jika sudah tidak sabar.Harga layanan GTmetrix bisa Anda lihat di https://gtmetrix.com/pricing.html

Screenshot di atas hanya menampilkan sebagian dari layanan. Dan hal itu bisa cukup membingungkan untuk kaum awam. Untuk itu, saya akan bantu menyederhanakan. Menurut saya, Anda dapat menggunakan layanan GTmetrix berbayar untuk mendapatkan 3 hal berikut:

  • Lokasi test premium.
    Layanan berbayar memberi layanan tes dari berbagai lokasi premium. Lokasi default untuk layanan gratis adalah dari Canada. Jika target market utama Anda adalah Indonesia, cara terbaik untuk tes adalah dari lokasi yang terdekat dengan Indonesia, dalam hal ini Anda mendapatkan Singapore.
  • Monitoring lebih dari 1 website.
    Cocok jika Anda memiliki lebih dari 1 website.
  • Data retention yang lebih lama.
    Jika pakai yang gratis dan tes tanpa login, data hanya disimpan 1 bulan. Jika pakai yang gratis dan login sebelum melakukan tes, bisa 3 bulan. Berbayar akan disimpan selama 6 bulan.

Lokasi premium GTmetrix dapat dilihat di https://gtmetrix.com/locations.html

  • Warna merah = Premium
  • Warna biru = Gratis

Demikian sekilas Cara Analisa Kecepatan Website.

Ringkasan:

Cara melakukan analisa kecepatan website.

  • Cara termudah, tercepat dan gratis menggunakan GTmetrix gratis dan tidak login.
  • Cara gratis yang lebih baik menggunakan GTmetrix gratis, namun mendaftar dan login dulu sebelum melakukan tes.
  • Cara terbaik (berbayar). salah satunya menggunakan GTmetrix berbayar, bermanfaat untuk mendapatkan lokasi tes premium, melakukan monitoring otomatis dan menyimpan hasil lebih lama (hingga 6 bulan).

Semoga bermanfaat

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *