Karena Website Seharusnya Bermanfaat

Karena website seharusnya bermanfaat? 
Harus bermanfaat ya? Ngga juga sih. Tapi buat apa bikin web kalau ngga ada manfaatnya?

Saya pakai kata ‘seharusnya’ karena banyak orang memiliki website yang kurang bahkan tidak bermanfaat. Masih banyak orang yang hanya ‘menjenguk’ websitenya setahun sekali, saat harus bayar perpanjangan domain. Banyak juga yang punya website, aktif digunakan, tapi tidak pernah tahu jumlah kunjungannya atau data analytics lainnya.

Tagline ini dipilih untuk mengingatkan Anda yang memiliki web, apakah web Anda sudah bermanfaat. Jika belum, mungkin sekarang saatnya Anda mulai mengurus website Anda, dan membuatnya menjadi bermanfaat.

Bermanfaat untuk apa? Berikut ini beberapa manfaat website:

  1. Bisa untuk branding
  2. Bisa untuk promosi
  3. Bisa untuk jualan
  4. Bisa untuk pameran
  5. Bisa untuk kartu nama online
  6. Bisa untuk bikin forum
  7. Bisa untuk blogging
  8. Bisa untuk menampilkan karya
  9. Bisa untuk mempersingkat link seperti linktree
  10. Bisa untuk sharing informasi
  11. Bisa untuk menampilkan berbagai social media di satu tempat
  12. Bisa untuk bikin online course
  13. Bisa untuk menangkap prospek (lead capture / lead generation)
  14. Bisa untuk kehadiran online (online presence)
  15. Bisa untuk meningkatkan kredibilitas
  16. Bisa untuk menghemat biaya
  17. Bisa untuk memperluas jangkauan pasar
  18. Bisa untuk cari kerjaan
  19. Bisa untuk riset pasar
  20. Bisa untuk iklan
  21. dan masih banyak lagi

Target reading time artikel ini adalah kurang dari 5 menit, jadi saya ngga bisa jelasin semua manfaat di atas satu per satu. Tapi saya coba beri satu atau dua contoh aja ya..

Web buat jualan.

Jaman sekarang orang lebih gampang percaya kalau Anda jualan di marketplace seperti Tokopedia, Shopee atau marketplace lainnya. Terus buat apa bikin online shop sendiri? Jawabannya adalah untuk branding. Di marketplace cukup sulit untuk branding. Dan Anda juga akan sulit menjual lintas marketplace.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Anda bisa bikin online shop, dan sediakan link untuk beli di marketplace. Kalau ada orang tanya link toko online, beri saja alamat website Anda, sambil bilang “Itu katalog aja. Ntar kalo mau beli ada link Tokopedia dan Shopee di situ (atau marketplace lainnya)” Anda juga bisa lakukan hal ini untuk meningkatkan branding. Anda bisa tetap jualan di marketplace. Saat ada yang beli, saat kirim barang, beri merchandise misalnya stiker yang menampilkan alamat web Anda. Karena kebanyakan orang beli di marketplace, waktu ditanya apa nama tokonya akan jawab nama marketplacenya atau bilang “Ngga inget. Cari aja [nama produk] di [marketplace], ntar banyak kok yang jual”.

Kalau Anda ngga mau ribet bikin toko online. Kalau cuma untuk branding, Anda cukup bikin web satu halaman aja, yang berfungsi sebagai kartu nama online. Di situ memuat nama toko Anda, contact (email, telpon, whatsapp), link ke sosmed, dan logo beberapa marketplace yang jika diklik akan masuk ke toko Anda, bahkan google maps yang menampilkan lokasi toko Anda (jika diinginkan). Jadi kalau ada yang nanya, tinggal kasih alamat website, dan semua udah ada di situ. Praktis, lebih cepat, dan ngga ribet kan. Buat yang udah jualan di marketplace tahu kan, betapa susahnya memberi semua informasi ini ke customer Anda?

Web buat branding.

Anda bisa gunakan web untuk buat shortlink ke social media Anda. Saya beri contoh blog pribadi saya ya www.danielagustianus.com. Saya bisa buat link ke berbagai social media dengan mudah. Saya beri contoh di bawah ini. Beberapa bisa diklik, beberapa tidak bisa (misalnya wa dan telegram), hanya sebagai contoh saja.

Bahkan Anda bisa bikin link seperti ini jika YouTube Anda lebih dari 1 channel.

  • danielagustianus.com/youtube1
  • danielagustianus.com/youtube2
  • danielagustianus.com/youtube3

atau bikin link langsung ke sebuah video atau playlist Anda di YouTube, misalnya

Jika Anda seorang pembicara, dosen, bintang tamu, Anda dapat dengan mudah memberikan kontak Anda kepada banyak orang dengan memberi alamat web Anda, dan bilang “Klik aja [link website]. Di situ ada semua. FB, IG, LinkedIn, Whatsapp, Telegram, Email, dll.” Bisa juga Anda jawab dengan link langsung ke sebuah sosmed, misalnya “Klik [link website] /ig /fb /youtube, dst”. Praktis bukan?

Supaya ngga kepanjangan (reading time di bawah 5 menit), jika Anda tertarik saya untuk bahas lebih banyak tentang salah satu manfaat website di atas, tambahkan aja di bagian komentar. Anda mau tambahkan manfaat website lainnya? tulis aja di comment di bawah.

Semoga bermanfaat
Daniel Agustianus

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *